Home Pengalaman Perpanjang Paspor di KBRI Korea Selatan
Post
Cancel

Pengalaman Perpanjang Paspor di KBRI Korea Selatan

Halo semuanya!

Di tulisan ini saya ingin berbagi cerita pengalaman saya ketika melakukan perpanjangan paspor Indonesia (expired Mei 2023) di KBRI Seoul, Korea Selatan. Tulisan ini saya buat seringkas mungkin supaya mudah dibaca dan maksud tulisannya tetap tersampaikan.

Happy reading!

KBRI Seoul KBRI di Seoul (Sumber: dokumentasi penulis)

TLDR:

  1. Persiapkan dokumen (paspor asli, ARC asli, uang cash 27$, label sonab denggi).
  2. Pemutakhiran data diri WNI melalui WA.
  3. Reservasi antrian layanan paspor KBRI Seoul melalui WA.
  4. Datang ke KBRI Seoul sesuai jadwal dengan membawa dokumen persyaratan.
  5. Tukar kode booking dengan nomor antrian di komputer yang ada di KBRI.
  6. Menuju loket layanan paspor (loket 1/2/3).
  7. Melakukan pembayaran di loket Bank BNI di KBRI.
  8. Penginputan data, wawancara, foto, dan sidik jari oleh petugas.
  9. Pulang.
  10. Menunggu paspor dikirim ke alamat kita.

Persiapan Dokumen

Dokumen resmi yang perlu disiapkan untuk perpanjang paspor bisa di lihat di website KBRI Seoul, yaitu:

  1. Paspor asli dengan masa berlaku kurang dari 6 bulan.
  2. ARC (kartu identitas foreigner di Korea) asli.
  3. Paspor asli negara asing (bagi anak berkewarganegaraan ganda) .

Persyaratan tambahan yang perlu disiapkan:

  1. Label sonab denggi (sejenis perangko) jika paspor baru ingin dikirim melalui pos.
  2. Uang cash 27$ (sekitar 35000 KRW).

Menurut beberapa teman, untuk mahasiswa, jaga-jaga membawa surat keterangan mahasiswa terdaftar dari universitas kita (재학증명서), walaupun ketika di KBRI saya tidak diminta surat ini (mungkin tiap case berbeda). Sonab denggi dapat dibeli di kantor pos di sekitar KBRI ataupun di sekitar domisili kita, jangan lupa untuk membeli dengan nominal sekitar 3740 KRW. Karena ketika saya beli di kantor pos sekitar rumah, dapat yang 2740 KRW, sedangkan di KBRI diberi tahu biasanya yang benar itu yang 3740 KRW, sehingga saya membayar tambahan 1000 KRW di KBRI. Untuk amplop pengiriman paspor, tidak perlu bawa dari rumah, karena di KBRI sudah disediakan amplop khusus.

Amplop & Sonab Denggi Amplop KBRI dan Label Sonab Denggi (Sumber: dokumentasi penulis)

Daftar Antrian Layanan Paspor

Jika teman-teman belum melakukan pemutakhiran data diri melalui Whatsapp KBRI di 010-2102-2018, silakan melakukannya dulu dengan menggunakan nomor handphone Korea. Langkah singkatnya adalah dengan mengirim foto Paspor dan ARC kita ke Whatsapp KBRI. Detil petunjuknya dapat dilihat di video intruksi berikut.

Tips : Jika bot Whatsappnya tidak membalas ketika mengirim foto paspor dan ARC dari galeri/kamera handphone, gunakan kamera Whatsappnya langsung.

Jika sudah terdaftar, selanjutnya adalah melakukan reservasi antrian layanan melalui Whatsapp di 010-2102-2018. Reservasi dapat dilakukan secepat-cepatnya 6 bulan sebelum masa berlaku paspor habis. Pengalaman saya, saya tidak bisa melakukan reservasi untuk tanggal yang masih lama (misal minggu depan/bulan depan), saya hanya berhasil melakukan reservasi tanggal di minggu yang sama. Apabila ada yang bisa reservasi selain di minggu yang sama, saya kurang tahu.

Hari H di KBRI

Pintu layanan imigrasi dan konsuler berada di sisi samping dari sisi jalan utama KBRI Seoul. Setelah sampai sesuai jadwal tanggal dan jam, print nomor antrian & formulir feedback di komputer di KBRI. Lalu menuju loket 1/2/3 untuk loket layanan paspor. Submit dokumen persyaratan dan isi formulir feedback.

Pintu Kantor Layanan Konsuler KBRI (Sumber: dokumentasi penulis)

Setelah itu, membayar biaya perpanjangan paspor sebesar 27$ (+- 35000 KRW) atau 77$ untuk percepatan 1 hari. Jangan lupa untuk membawa uang cash, karena loket pembayarannya hanya menerima cash. Karena saya tidak tahu, saya harus keluar dulu mencari ATM terdekat. Setelah membayar, kembali lagi ke loket paspor, untuk menyerahkan formulir feedback dan wawancara.

Lalu, menuju ruang foto untuk foto paspor dan pengambilan sidik jari. Usahakan berpakaian rapi dan/atau berkerah (di ruang tersebut disediakan jas, jadi bisa pinjam untuk sesi foto paspornya). Selesai dan pulang.

Hasil Paspor Baru

Setelah sesi foto dan sidik jari, proses perpanjangan paspor sudah selesai dan tinggal menunggu paspor barunya jadi. Paspor baru bisa diambil di KBRI atau menunggu pos mengirimnya ke alamat kita. Untuk case saya, paspor sampai di alamat saya H+6, terhitung cukup cepat dan tidak perlu repot-repot ambil di KBRI Seoul, berhubung domisili saya berada di luar Seoul.

Oiya, di KBRI Seoul belum tersedia paspor elektronik (e-passport), jadi hanya tersedia paspor biasa, tapi masa berlakunya sudah 10 tahun.

Sekian cerita pengalaman saya untuk memperpanjang paspor Indonesia di KBRI Seoul. Semoga membantu.

Jangan lupa untuk lapor paspor baru kita ke Imigrasi Korea.

Thank you~

This post is licensed under CC BY 4.0 by the author.

Hello World 👋

Mengurus Asuransi NHIS Keluarga di Korea Selatan

Comments powered by Disqus.

Trending Tags